Sabtu, 09 Juni 2018

Melihat Kemungkinan Al-Qur’an dikarang Muhammad SAW



Tulisan ini terinspirasi dari sebuah pertanyaan yang saya dapatkan pada dua kesempatan yang berbeda. Pertama adalah ketika saya berada di Thailand, saya ditanya oleh seorang teman yang atheis dari vietnam. Kali kedua adalah ketika di Jepang, kali ini yang bertanya adalah seorang teman dari Thailand, dia adalah seorang agnostik yakni percaya Tuhan tapi tidak percaya agama. Pertanyaan dari keduanya sama,
.
 “Alim, why do you believe in this book (sambil menunjuk Al-Qur’an)?, why do you believe in Islam?”.
.
Sontak, tentu saja saya terkejut dan kebingungan menjawabnya. Saya tentu tidak bisa menggunakan dalil Al-Qur’an dan hadist untuk menjelaskan kepada mereka, karena mereka tidak percaya keduanya. Saat itu saya hanya menjawab spontan, “I believe this holy book (Al-Qur’an) and this religion (Islam), because it doesn’t violate my logic. For me, religion should be match with my logic. And most logic religion for me is Islam.”
.
Mungkin jawaban saya pada saat itu ada benarnya. Tapi saya masih kurang puas dan mencari jawaban yang lebih tepat. Karena persoalan mempercayai Al-Qur’an adalah sesuatu yang sangat dasar dalam aqidah kita. Ketika kita mulai tidak mempercayai Al-Qur’an, maka keraguan itu akan berimbas pada keraguan lainnya terhadap seluruh turunan Al-Qur’an berupa ajaran tauhid, syariat, dan muamalah. Sebaliknya, apabila seseorang sudah meyakini dengan haqqul yakin bahwa Alqur’an datang dari Tuhan, maka ia akan dengan sukarela mengikuti petunjuk di dalamnya..
.
Setelah mencari, akhirnya saya menemukan jawaban itu dalam Al-Qur’an itu sendiri. Untuk pertanyaan semacam ini, Al-Qur’an menjawab dengan tegas, singkat, dan padat, namun hebatnya belum terbantahkan selama 14 abad Al-Qur’an diturunkan.
.
Dalam surah Al-Baqarah ayat 23, Allah berfirman, “dan jika kamu ragu dengan apa yang kami turunkan kepada hamba kami (Muhammad), maka buatlah satu surat seperti itu (Al-Qur’an), dan mintalah pertolongan (seluruh makhluq) selain Allah jika kamu orang yang benar. Tetapi jika kamu tidak bisa, dan kamu memang tidak akan pernah bisa, maka takutlah dengan api neraka yang disediakan bagi orang kafir.”
.
Dalam ayat ini, Allah menjamin kebenaran Al-Qur’an bukan dengan sebuah argumentasi, tapi justru dengan sebuah tantangan terbuka. Bahkan Allah mempersilahkan agar seluruh makhluk bergotong royong menjawab tantangan Allah ini. Dan yang paling hebatnya lagi Allah dengan tegas, yakin, dan sombong (dan Allah sangat berhak untuk sombong) mengatakan bahwa tantangan ini tidak akan bisa dilakukan oleh siapapun dan sampai kapanpun.
.
Maka pertanyaan besar muncul di kepala kita, apa benar tidak ada yang bisa menjawab tantangan ini? Yang benar saja, 14 abad lebih tidak ada yang bisa membantah ayat ini?
.
Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita memposisikan diri sebagai pihak yang ingin menjawab tantangan itu. Dalam ilmu teknik, untuk menyaingi suatu produk kita perlu tahu apa kelebihan produk tersebut, dan kemudian menganalisa apakah kita mungkin menyamainya atau tidak.
.
Mari kita lihat Al-Qur’an. Ada banyak kelebihan yang dimiliki Al-Qur’an menjadi sebuah kitab yang luar biasa. Namun cukup beberapa saja yang akan dibahas disini,
.
1. Al-Qur’an memiliki bahasa yang indah dengan kadar sastra arab yang sangat tinggi. Bahkan masyarakat Arab abad ke-7 sekalipun yang menguasai syair terpukau dengan rangkaian kalimat dalam Al-Qur’an.
.
2. Al-Qur’an menawarkan konsep adab, hukum, ekonomi, dan ilmu sosial masyarakat atau kita kenal dengan muamalah yang membawa kesejahteraan dan keadilan sosial. Konsep Muamalah dan adab yang ditawarkan Al-Qur’an tidak bisa diremehkan, karena telah terbukti dapat membuat suatu peradaban terhebat dalam sejarah umat manusia.
.
3. Al-Qur’an mengandung banyak ilmu sains, yang sebagian baru diketahui manusia berabad-abad kemudian. Memang Al-Qur’an tidak menjabarkan secara rinci. Tapi Al-Qur’an cukup menyebutkan bagian penting dari berbagai bidang ilmu, geologi, biologi, material, kimia dan lainnya sebagai bukti kebesarannya.
.
4. Al-Qur’an mengandung khabar shadiq, berita benar yang terbukti berabad-abad setelah ia diturunkan. Salah dua contohnya adalah, Kemenangan romawi atas persia dan ditemukannya mayat Fir’aun.
.
5. Al-qur’an disusun dengan sangat teratur dan dengan pemilihan kata yang tepat dan efisien, namun tanpa mengurangi keindahannya.
Setiap ayat dalam Al-Qur’an bisa diambil hikmahnya. Bahkan tidak ada satu kata pun dalam Al-Qur’an yang ditaruh tanpa alasan, semuanya memiliki hikmah yang bisa diambil.
.
6. Belum ada yang berhasil membuktikan satu kesalahanpun dalam Al-Qur’an sejak ia diturunkan. Atau zero tolerance of fault.
.
Masih banyak lagi sebenarnya kebesaran Al-Qur’an yang tidak akan habis disebutkan satu persatu. Tapi cukuplah beberapa hal di atas untuk menjadi landasan analisis kita, bagaimana jika kita hendak menjawab tantangan Allah tadi?
.
 Maka untuk merekonstruksi sesuatu seperti Al-Qur’an kita perlu :
1. Mengumpulkan para ahli sains dan membuat beberapa prediksi ilmu pengetahuan yang belum ditemukan saat ini dan pasti akan dibuktikan kebenarannya di masa mendatang.
2. Para ahli hukum, ekonomi, dan adab harus merumuskan sebuah sistem kemasyarakatan yang orisinil yang bisa mensejahterakan masyarakat dan memberikan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat. Konsep yang ditawarkan tidak boleh ada kecacatan apabila dijalankan.
3. Para ahli filsafat harus merumuskan konsep ketuhanan yang tidak terbantahkan.
.
Melakukan ketiga hal di atas, adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun itu belum seberapa,
4. Para ahli sastra harus merangkum seluruh ilmu tersebut dalam bahasa yang sederhana (tidak bertele-tele dan mudah dipahami), padat (harus efektif, tidak boleh ada pemborosan kata), dan juga indah (penuh dengan unsur sastra yang tinggi dan enak didengar maupun dibaca). Dan yang paling penting dalam urutan yang sistematis dan runut dari awal hingga akhir.
5. Para ahli psikologi harus memilihkan bahasa yang mudah dihafal dan mudah dipelajari, karena itu sifat Al-Qur’an.
Jika dilihat dari job list di atas, maka membuat sesuatu yang serupa Al-Qur’an adalah hal yang sangat rumit dan melelahkan. Mungkin akan membutuhkan waktu puluhan tahun lamanya.
Jika ditambah dengan kriteria mengandung unsur
6. khabar shadiq (kabar yang benar)
7.dan zero tolerance of fault (tidak boleh ada kesalahan sedikitpun),
maka membuat sesuatu serupa Al-Qur’an menjadi hal yang mustahil.
.
Maka sesungguhnya tuduhan kaum orientalis bahwa Al-Qur’an merupakan karangan Muhammad SAW sendiri bukan sebuah hinaan, tetapi pujian berlebihan kepada Muhammad SAW. Karena apabila benar Muhammad SAW yang membuat Al-Qur’an, tidak terbayangkan betapa jeniusnya Muhammad SAW bisa membuat kitab sehebat Al-Qur’an. Apalagi jika hanya seorang diri.
.
Tapi tentunya itu tidak mungkin. Nabi Muhammad SAW memang hebat dan jenius. Tapi tidak akan mampu mengarang sesuatu seperti Al-Qur’an. Apalagi jika melihat latar belakang Rasulullah yang seorang ummiy dan belum pernah belajar ke negeri lain selain makkah.
.
 Sesuatu yang sempurna seperti kitab ini hanya bisa diciptakan oleh dzat yang Maha Sempurna, Allah SWT.
.
Dalam surah An Najm ayat 3-4, disebutkan...
“Dan dia tidak berbicara menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tidak lain adalah wahyu yang diturunkan kepadanya.”
.
Jadi, dengan semua hal di atas masih ragu kalau Al-Qur’an datang dari Allah SWT?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar